IBX5828C990AE55E Inilah Keunikan dari Suku Dayak di Kalimantan (part 1) - Yoechua Blog : Kebenaran Hanya Ada Satu
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Admin - Selasa, 18 Juni 2019
    Advertisement

    Yoechua Blog - Indonesia adalah sebuah bangsa yang sangat beragam, baik itu budaya, bahasa dan agama. Sudah seharusnya sebagai bangsa Indonesia , saling menjaga keberagamakan ini untuk kesatuan Indonesia. Jika berbicara budaya, kali ini saya akan berkesah mengenai suku yang katanya adalah suku pedalaman di pulau kalimantan , dan jika berbicara kalimantan , pasti yang ada di dalam benak Anda adalah suku Dayak.

    Banyak cerita dan banyak kisah yang beredar di masyarakat mengenai suku dayak, ada citra negatif ada citra positif. Walaupun demikian, masih banyak orang yang minim pengetahuan mengenai suku dayak, bahkan itu orang perantauan yang tinggal di kalimantan. kali ini,, saya akan menjabarkan keunikan-keunikan dari suku dayak . berikut adalah Keunikan dari Suku Dayak :



    #1. Suku Dayak Memiliki Kemiripan Wajah dengan Orang Tionghoa

    Sebagian besar orang dayak memiliki kemiripan dengan orang tionghoa baik wajah, matanya , dan kulitnya. Di samarinda sendiri, jika Anda yang di hadapkan dengan 2 orang Dayak Asli dengan Orang keturunan Tionghoa, saya jamin anda akan kesulitan memilih yang mana dayak dan yang mana tionghoa terlebih ketika anda menjumpai seorang wanita Dayak Kenyah. Dan bisa saja Anda mengira bahwa orang dayak tersebut yang merupakan orang tionghoa. Kejadian unik ini sering sekali terjadi di Samarinda. Walaupun demikian, tidak semua orang dayak mirip dengan orang tionghoa, bisa saja terjadi karena dayak campuran, atau hanya sekedar keturunan dayak

    #2. Nenek Moyang Suku Dayak berasal dari Yunan

    Mungkin, sudah bukan hal umum lagi mengenai hal ini. Mungkin hal ini lah yang menyebabkan adanya kemiripan antara orang dayak dengan orang tionghoa. Yunan adalah sebuah provinsi yang ada di cina selatan.

    #3. Suku Dayak Tidak Hanya Satu

    ya, Suku dayak tidak hanya satu. Jadi saya jelaskan bahwa suku dayak yang mendiami pulau kalimantan itu terdiri lebih dari 100 sub suku. Dan tiap provinsi di kalimantan terdiri banyak sekali sub suku dayak, dari situlah sering muncul istilah dayak kalteng, dayak kalbar, dayak kalsel dan dayak kaltim yang mana tiap-tiap wilayah terbagi lagi menjadi banyak sub suku. Saya sendiri merupakan keluarga dari suku kalteng, saya suku dayak ma'anyan , yang tersebar di barito timur. Jadi jangan kaget ketika Anda yang baru datang ke kalimantan akan di suguhkan banyak macam suku dayak .

    #4. Tiap Sub Suku dayak Beda Bahasa

    Bahasa tiap sub suku dayakpun berbeda, jadi ketika anda belajar menguasai 1 sub bahasa dayak, maka ketika anda berjumpa sub suku dayak lain maka bahasa yang akan di ucapkan juga akan berbeda. Umumnya adalah tiap 1 sub suku dayak memiliki 1 bahasa berbeda dengan sub suku lainnya. Walaupun berbeda , namun ada beberapa kata yang memiliki persamaan.

    #5. Sape, Alat musik khas orang dayak

    Suku dayak memiliki alat musik khas bernama Sape. Suara nan merdu bak petikan gitar berdawai petikan kecapi , itulah sape yang bisa saya gambarkan. Coba dengarkan dawainya yang merdu dalam video ( audio only ) di bawah ini :


    Itulah Keunikan suku dayak , sebenarnya masih ada banyak lagi keunikan suku dayak, mungkin akan saya lanjutkan untuk artikel selanjutnya . ( update : Inilah Keunikan dari Suku Dayak di Kalimantan (part 2)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (10)
    Komentar
    1. Sangat indah suara yang keluar dari alat musik sape,,

      BalasHapus
      Balasan
      1. Saya sangat tertarik dengan pakaian yang dikenakan suku Dayak. Manik-maniknya yang menurut saya sangat menarik.

        Hapus
      2. sebenarny warna manik-manik pada suku dayak itu ada artinya yang menyimbolkan ttg suku dayak :)

        Hapus
    2. ijin share ya gan :D

      BalasHapus
    3. Bumi Tambun Bungai emang oke punya!

      BalasHapus
    4. Suku nias di sumatera utara dn mentawai di sumbar juga memiliki adat istiadat yg hampir sm dgn suku dayak. Histori tentang kesaktian suku trsebut jg sama. Dn mitos2 negatif yg hmpir sm.dgn suku dayak. Dn yg benar2 serupa adalah orang2 nias ataupun mentawai jg sama dgn org tionghoa dr wajah dn kulitannya. Gadis2 nias dn mentawai cantik2 seperti gadis tionghoa dn berkulit putih mulus. Coba teman2 cari tau tentang suku nias di sumatera utara dan suku mentawai di sumatera barat. Saya tau itu karena saya lahir di sumatera utara walawpun saya suku jawa. Lingkungan tmpat tinggal saya dekat dengan pulau nias dan sekarang saya tinggal di sumatera barat sudah 4 tahun jd sedikit banyak saya jg tau tentang suku mentawai tersebut

      BalasHapus
    5. Bahasa pemersatu di kalimantan itu apakah bahasa Banjar ?

      Dari KAL-SEL KAL-TIM KAL-TENG kalo KAL-BAR (Hanya Sedikit)
      Saya asli orang KAL-SEL berbicara dengan mereka menggunakan bahasa banjar mereka mengerti. Umpat betakunan haja ulun nih

      BalasHapus
      Balasan
      1. kaloo dayak ma'aanyan dan suku dayak otdanum lainnya mungkin bisa mengerti, apalgi dayak yk ada di kalsel...

        tpi tidak semua mengerti bhsa banjar , apalgi dayak kaltim...

        Hapus

    Berkomentarlah dengan Santun dan Beretika sebagai Bangsa yang Beradad yaa ^_^

    Jangan Lewatkan